Print this page
16
January

10 Kota Bakal Dibangun Pengelolaan Sampah sekaligus Penghasil Energi

Written by 
Published in Press Release

BANDUNG-Permasalahan sungai Citarum tidak lepas dari belum maksimalnya pengelolaan sampah masyarakat. Masih banyak sampah yang tidak tertampung dibuang ke sungai.

"Presiden akan membuat Perpres tentang pengolahan sampah, atau waste energi, dan tahun ini harus sudah dimulai," tegas Menko Kemaritiman Luhut B Panjaitan di Gedung sate, Selasa (16/1/2018)

Dalam Perpres tersebut ada 10 kota besar yang akan menjadi lokasi pembangunan waste energi  tersebut, salah satunya adalah untuk wilayah Bandung, yang meliputi kota dan kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi dan Sumedang. Kota lainnya adalah DKI, Medan, Surabaya dan Makasar.

"Formulanya sudah dibuat, Bandung salah satu yang kita tawari, lokasinya sudah ada tinggal eksekusinya," tambah Luhut.

Sementara itu Menkopolhukam Wiranto menegaskan, penyelesaian Citarum sangat berkaitan dengan penegakan hukum. Sebab menurutnya banyak andil para calo, broker, serta pelaku pungli dan penjahat lingkungan yang terlibat mengotori Citarum.

"Kalau ada urusan hukum, lempar ke saya, akan saya urus semuanya. Pengusaha nakal, broker yang ikut mengotori Citarum akan kami tindak tegas," tuturnya. 

Wagub Jabar Deddy Mizwar menambahkan semua masyarakat harus ikut terlibat dalam upaya normalisasi Citarum.

"Tidak bisa jalan sendiri, semua kabupaten dan kota yang terlintasi Citarum harus berkordinasi dan bekerjasama

Sumber : jabarprov.go.id

Read 2964 times Last modified on Tuesday, 16 January 2018 15:39
Rate this item
(0 votes)
Admin DLH Jabar

Latest from Admin DLH Jabar